terpaksa hijrah

Saya Orang Indonesia

Kemarin, waktu makan siang di Rumah Makan Padang, si Uda (panggilan penjualnya) tanya ke saya, "Abang orang Sumatera ya?"

"Bukan…", jawab saya.

Sambil makan saya merenung, sebenernya saya ini termasuk suku apa ya?? Apa wajah saya seperti orang Sumatera kebanyakan ataw logat saya yang ‘agak’ kesumatera-sumateraan..??

Sebenernya waktu masih jamannya kuliah di Malang saya sering mendapat pertanyaan seperti itu. Biasanya sih langsung saya jawab dengan mantap, "Saya orang Indonesia…!!" hihihii..

Tapi kalau ada yang terus mendesak, ya saya jawab aja, "Saya lahir di Jakarta." Tapi sering juga yang langsung nuduh seperti si Uda penjual Masakan Padang tadi.

Kalau masalah raut wajah mungkin relatif lah. Tapi kalau soal logat saya yang ga jelas, kemungkinan terbawa lingkungan. Dulu waktu masih sekolah menengah di Jogja, saya sering kebawa logat teman yang saya ajak bicara.

Pas lagi ngobrol dengan orang Sumatera, logat saya langsung kayak kernet Metromini di Jakarta… (No Offense). Pas lagi ngomong sama orang jogja, otomatis medhok-nya muncul… Yang susah tuh kalo pas ketemu sama orang Madura. Saya pernah kebawa logat Madura yang kayak mbok Bariah itu lho. Sampai tiga hari ga bisa ilang. Bahkan kebawa sampai di kelas. Pernah guru yang ngajar waktu itu ngajuin pertanyaan. Otomatis jawabnya pake logat Madura. Kelas langsung gerrrrrrr….

Tapi walaupun begitu saya tetap cinta Indonesia. Kalau ada orang yang nanya asal saya, dengan mantap akan saya jawab, "Saya orang Indonesia lho…!!"

158 responses

  1. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    Nooo…!!!

    May 23, 2012 at 00:02

  2. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    alah pura pura !!..

    May 23, 2012 at 00:02

  3. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    pura2 makan perahu…

    May 23, 2012 at 00:02

  4. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    lha bener kan…kaniqbalnya munculll!!

    May 23, 2012 at 00:02

  5. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    waqsz…!!
    mana???

    May 23, 2012 at 00:02

  6. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    ntuh sapa yang makan perahu?

    May 23, 2012 at 00:02

  7. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    kura2…

    May 23, 2012 at 00:02

  8. shopi said: penyakit satu ilang penyakit lama kambuh lagee..

    nah tuh..tahu jawabnnya.

    May 23, 2012 at 00:02

Leave a Reply

